Kunjungi IPDN, Ini Pesan Bagi Paskibraka Prabumulih

  • Bagikan

KUNJUNGAN : Kaban Kesbangpol Prabumulih, Ahmad Daswan SSos MM memimpin kunjungan rombongan Paskibraka Prabumulih ke IPDN, Selasa. Foto : Ist/FS.COM

JATINANGOR, JABAR, FS.COM – Akhirnya, rombongan Paskibraka Prabumulih sampai juga di IPDN, Jatinangor, Jabar, Selasa, 19 Desember 2023.

Kabag Kesbangpol Prabumulih, Ahmad Daswan SSos MM langsung memimpin kunjungan tersebut di Kampus IPDN, Jatinangor, Jabar.

“Terima kasih atas kesempatannya, para Paskibraka Prabumulih bisa menyambangi Kampus IPDN ini,” ujar Daswan, sapaan akrabnya.

Kata dia, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi Paskibraka Prabumulih ini. Dan, siapa tahu bercita-cita menjadi praja IPDN nantinya.

“Harapan kita yah, kunjungan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi para Paskibraka Prabumulih ini. Nantinya, punya cita-cita menjadi praja IPDN bisa terwujud,” tandasnya di dampingi Kasubid Bina Ideologi dan Wasbang, DR Oni Lindawati MPd.

Pranata Humas IPDN, Ida Bagus Aditya Nigrat SSTP menjelaskan, seputar dan sejarah IPDN. “Kampus IPDN ini adalah kawah candradimuka pencetak pamong praja di Indonesia,” jelasnya.

Setelah lulus, kata dia, para praja IPDN akan menjadi PNS dan ditempatkan di kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia sesuai penempatan SK. Atau, juga pegawai pusat di lingkungan kementerian dan lainnya. “Lama pendidikan, 4-5 tahun. Pelanggaran disiplin berat, ada dua sanksi. Bisa dipecat, atau turun tingkat. Siklus kehidupan praja mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Selama pendidikan gratis, ditanggung negara,” bebernya.

Sistem pendidikan di IPDN ini, akunya menggunakan boarding school atau di asrama. “Sistem pendidikannya, pengajaran. Pelatihan, dan pengasuhan. Hampir sama atau tidak jauh berbeda kedinasan lainnya,” tambahnya. (rin)

  • Bagikan