Ngantor di Kelurahan Gunung Ibul, Kapolres Prabumulih; Perlu Peran Aktif Masyarakat, Jaga Kamtibmas

  • Bagikan

NGANTOR : Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH bersama Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Bobby Eltarik SH MH ngantor di Kelurahan Gunung Ibul, Sabtu. Foto : Rian/FS.CO

PRABUMULIH, FS.CO – Program inovasi Polres Prabumulih dicanangkan Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH berupa ngantor di Kelurahan/Desa terus dilakukan setiap akhir pekan.

Salah satunya, Sabtu lalu, 12 Nopember 2022, Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH didampingi Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Bobby Eltarik SH MH dan jajarannya menyambangi Kelurahan Gunung Ibul bertatap muka bersama warganya di Kantor Kelurahan.

Pada kesempatan itu, Witdiardi mengatakan, kalau tugas Polri sekarang ini tidak hanya sebagai aparat penegak hukum. Tetapi, juga sebagai pengayom, pelindung, dan pelayanan masyarakat.

“Juga, menjaga Kamtibmas agar selalu aman dan kondusif. Dalam menjaga Kamtibmas, Polri dalam hal ini Polres Prabumulih membutuhkan peran aktif masyarakat,” ujar Mantan Kapolres Mukomuko ini.

Kata Mantan Korspripim Kapolda Bengkulu, Polri tidak bisa bekerja sendiri menjaga Kamtibmas. Ia juga menjelaskan, telah disebar layanan Banpol hendaknya dimanfaatkan masyarakat guna melaporkan tidak pidana di sekitar lingkungannya.

“Sehingga, bisa direspon cepat Anggota Polri. Khususnya, Bhabinkamtibmas memang ditempatkan di masing-masing kelurahan selanjutnya berkomunikasi atau berkordinasi bersama Babinsa dan juga Polsek di wilayahnya tersebut dalam memberikan solusi atas laporan masyarakat tersebut,” terang Mantan Kasubdit Tipidsus Ditreskrimsus Polda Bengkulu ini.

Lanjutnya, guna memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat  setiap pagi. Ucap Wit, sapaan akrabnya melaksanakan pengaturan atau strong point di jalan kini hampir setiap hari. “Hal itu dalam rangka peningkatan layanan publik kepada masyarakat, dilakukan Polres Prabumulih sehingga kehadiran Polri makin dirasakan,” tukasnya sambil meminta masyarakat mengaktifkan Poskamling guna meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar wilayahnya.

Sementara itu, Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Bobby Eltarik SH MH menambahkan, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian sehingga tidak terjadi gangguan Kamtibmas.

“Poskamling perlu diaktifkan dalam rangka meningkatkan peran aktif masyarakat menjaga Kamtibmas di sekitar lingkungannya,” ujarnya.

Jangan lengah, imbau Bobby, karena akan dimanfaatkan pelaku kejahatan melakukan aksinya. “Kunci pagar, lengkapi sepeda motor kunci tambahan. Agar tidak dimanfaatkan pelaku kejahatan,” wanti Mantan Kasatres Narkoba Polres Lahat.

Terpisah, Camat Prabumulih Timur, Joni Panjat ST MM bersama Lurah Gunung Ibul, Fitriyadi SH menjelaskan, sekarang ini kehadiran Polri makin terasa khususnya di Prabumulih dilakukan Polres Prabumulih.

“Apa dikatakan Pak Kapolres benar, tiap pagi memang ada petugas Polres Prabumulih melakukan pengaturan di jalan guna kelancaran dan juga ketertiban lalin di jalan pagi hari karena aktivitas masyarakat tinggi,” aku Yadi.

Kata dia, warganya juga memberikan saran dan masukan kepada Polres Prabumulih. Terkait pembuatan SIM massal, pencurian sepeda motor, median jalan di Sudirman terlalu panjang. “Kita berterima kasih, masukan dan saran disambut baik Kapolres Prabumulih Sabtu ngantor di Kelurahan Gunung Ibul,” pungkasnya. (rin)

  • Bagikan