Surat Suara Tengah Dicetak di Percetakan PT Temprina Media Grafika, Kejari Prabumulih Monitoring

  • Bagikan

MONITORING : Jaksa Kejari Prabumulih bersama KPU Prabumulih dan pihak kepolisian melakukan monitoring pencetakan surat suara di Percetakan PT Temprina Media Grafika, Semarang, Jateng, Selasa. Foto : Ist/FAJARSUMSEL.COM

SEMARANG, FAJARSUMSEL.COM – Surat suara Pilkada Prabumulih 2024, kini tengah proses pencetakan di Percetakan PT Temprina Media Grafika di Semarang, Jateng.

Selasa, 14 Oktober 2024, KPU Prabumulih bersama Polres Prabumulih dan Jaksa Kejari Prabumulih melakukan monitoring Proses Pendistribusian Suara Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 di PT Temprina Media Grafika.

Monitoring Pencetakan Surat Suara tersebut diikuti Ketua KPU Prabumulih beserta jajaran, Polres Prabumulih, Jaksa Kejaksaan Negeri Prabumulih.

“Jaksa Kejari Prabumulih ikut memonitoring Proses Pendistribusian Suara Walikota dan Wakil Walikota 2024 di PT Temprina Media Grafika, Semarang, Jateng,” ujar Kajari Prabumulih, Khristiya Lutfiasandi SH MH ketika dikonfirmasi, Selasa.

Bebernya, monitoring tersebut berupa mengunjungi PT Temprina Media Grafika, Semarang, Jateng, beralamat di lingkungan Merakrejo, Harjosari, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jateng, 50561.

Kunjungan tersebut, kata Khristiya merupakan lanjutan dari kunjungan sebelumnya pada 10-12 Oktober 2024, kegiatan Monitoring Pencetakan Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2024.

“Jumlah Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Prabumulih yakni 149.898 lembar dan Surat Suara Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel berjumlah 147.898 lembar, semuanya telah selesai dicetak,” terangnya.

Rincinya, Pemilihan Walikota dan Walikota Prabumulih total 75 dus surat suara, terdiri dari; 73 dus, masing-masing dus berisi 2.000 lembar surat suara; 1 dus berisi 1898 lembar surat suara; dan 1 dus berisi 2000 lembar surat suara PSU. Total Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sebanyak 149.898 lembar,” jelasnya.

Sementara itu, akunya surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Wilayah Kota Prabumulih total 74 dus surat suara dengan rincian sebagai berikut; 73 dus, masing-masing dus berisi 2.000 lembar surat suara; 1 dus berisi 1898 lembar surat suara. Total Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sebanyak 147.898 lembar.

“Tahapan berikutnya terhadap surat suara tersebut yakni proses loading barang dan pendistribusian. Pendistribusian akan dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2024, estimasi perjalanan selama 4-5 hari dan perkiraan sampai di Kota Prabumulih pada 22/23 Oktober 2024, pengiriman surat suara PT Temprina Media Grafika bekerjasama dengan PT Pos Indonesia,” kata dia.

Lanjutnya, pengiriman dari PT Temprina Media Grafika langsung ke Sumsel menggunakan 3 armada (Mobil Wing Box Fuso – via darat) pengawalan dari Polda Sumsel. Rute pengiriman barang dari PT Temprina Media Grafika ke Sumsel yakni Palembang – Prabumulih – PALI dan dilanjutkan ke kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

“Berdasarkan keterangan dari Pak Affan PT Temprina Media Grafika terhadap kendala dialami pada surat suara berdasarkan pengalaman Pemilu 2024 yakni terdapat pengajuan klaim dari Kalimantan terkait surat suara rusak saat diterima, dan PT Temprina Media Grafika langsung menindaklanjuti pencetakan kembali dan melakukan pengiriman via udara. Terhadap surat suara sudah diterima KPU Prabumulih dapat diajukan klaim kepada PT Temprina Media Grafika maksimal 1 minggu setelah diterima disertai dokumentasi,” bebernya.

Masih kata dia, klaim dapat diajukan kepada PT Temprina Media Grafika yakni kertas robek saat diterima, cutting tidak sesuai, warna cetakan tidak jelas ataupun kesalahan dalam proses pencetakan. Terhadap klaim tersebut akan diproses selama 1 minggu setelah klaim diterima dan segera ditindak lanjuti estimasi 1 minggu. Terhadap surat suara telah diterima KPU Prabumulih selanjutnya akan dilakukan pengelipatan surat suara dengan estimasi pengerjaan 5 hari 50 orang.

“Kegiatan Monitoring Pencetakan Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2024 di PT Temprina Media Grafika, sebagai bagian dari monitoring memastikan timeline pencetakan dan distribusi telah sesuai ketentuan, serta memantau apakah ada masalah dapat segera ditindaklanjuti agar seluruh rangkaian tahapan logistik dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan timeline sudah ditentukan. Kegiatan Monitoring Pencetakan Surat Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2024 di PT Temprina Media Grafika berjalan dengan aman, lancar, tertib, dan kondusif,” pungkasnya. (rin/ril)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan