Sispamkota, Massa Serang Calon hingga Geruduk dan Anarkis di Kantor KPU Prabumulih

  • Bagikan

SISPAMKOTA : Polres Prabumulih mengelar Sispamkota dalam rangka Pilkada Serentak di Halaman Pemkot, Kamis. Foto : Rian/FAJARSUMSEL.COM

PRABUMULIH, FAJARSUMSEL.COM – Polres Prabumulih melakukan Sispamkota dalam rangka Pilkada Prabumulih 2024 di Halaman Mapolres, Kamis, 22 Agustus 2024.

Pada simulasi melibatkan 500 personel Polres Prabumulih dan Satbrimob Polda Sumsel dan PALI, terjadinya kericuhan ketika pengamanan Pilkada Prabumulih 2024.

Awalnya, diskenariokan ketika kampanye calon mendadak ada orang datang akan melakukan penyerangan terhadap calon. Untungnya, Walpri sigap melindungi calon hingga pelaku penyerahan bisa dilumpuhkan dan diamankan.

Kedua, skenarionya ketika personel Polres Prabumulih diback up Satbrimob Polda Sumsel melakukan pengawalan dalam rangka kampanye calon. Dicegat, oknum tak dikenal diduga hendak menyerang iringan calon dan mengeluarkan senjata dan terjadi tembak menembak.

Hingga akhirnya, pelaku berhasil ditembak mati dan dievakuasi personel Satbrimob Polda Sumsel. Sementara itu, calon berhasil diamankan.

Kemudian, di sela-sela pengamanan Kantor KPU Prabumulih mendadak terjadi aksi massa menolak hasil Pilkada Prabumulih 2024, dan terjadilah crash atau kisruh. Sehingga, personel Polres Prabumulih melalui pengamanan di lokasi menerjunkan Dalmas.

Hingga terjadi bentrok antara keduanya, gerak cepat dilakukan dan otaknya berhasil ditangkap serta kerusuhan bisa dibubarkan.

Pelaksana Sispamkota ini disaksikan secara langsung Pj Wako Prabumulih, H Elman ST MM bersama Kapolres, AKBP Endro Aribowo SIk dan Forkompinda.

“Kita apresiasi, jajaran Polres Prabumulih dalam rangka melaksanakan tugas pengamanan Pilkada Prabumulih 2024 melaksanakan Sispamkota. Harapannya, pengamanan Pilkada Prabumulih berlangsung baik dalam rangka mewujudkan situasi aman dan kondusif,” ucap Elman.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Endro Aribowo SIk menjelaskan, pelaksanaan Sispamkota ini tidak lain membekali dan meningkatkan kemampuan personelnya dalam mengatasi situasi tidak diinginkan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Prabumulih.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Sispamkota ini berjalan lancar. Harapannya, pelaksanaan pengamanan Pilkada Prabumulih bisa dilakukan secara, optimal dan maksimal,” tutupnya. (rin)

  • Bagikan