Panen Raya Jagung, Tekan Harga Pakan Ternak dan Harga Daging Ayam. Pj Wako Prabumulih: Inflasi Masih Terkendali

  • Bagikan

PANEN RAYA : Pj Wako Prabumulih, H Elman ST MM bersama Kapolres Prabumulih, AKBP Endro Aribowo SIk dan Kepala Distan, Alfian SP bersama Forkompinda memanen raya jagung tanaman Pemkot, Selasa. Foto : Rian/FAJARSUMSEL.COM

PRABUMULIH, FAJARSUMSEL.COM – Pemkot Prabumulih melalui Distan melakukan panen raya jagung di lahan Pemkot seluas 10 hektar, namun baru 2 hektar siap panen.

Pj Wako Prabumulih, H Elman ST MM bersama Kapolres Prabumulih, AKBP Endro Aribowo SIk dan Kadistan, Alfian SP beserta Forkompinda melakukan panen raya, Selasa, 21 Mei 2024.

“Harga jagung mahal, jelas pakan ternak mahal. Harga daging ayam mahal, penanaman jagung memanfaatkan lahan Pemkot Prabumulih ini diharapkan bisa menekan harga pakan dan juga menekan harga daging ayam,” ujar Elman, sapaan akrabnya.

Lanjutnya, upaya ini bagian dari upaya Pemkot Prabumulih mengendalikan dan menekan inflasi di Kota Nanas ini. Nantinya, Distan melakukan distribusi kepada pengusaha ternak ayam mengatasi masalah harga pakan relatif masih tinggi.

“Inflasi kita, IPH-nya masih 0,14 artinya masih terkendali. Jangan sampai di atas 2, kita akan mendapatkan teguran dari pemerintah pusat. Dan, jangan sampai hal itu terjadi,” bebernya, sambil menyebutkan, sebentar lagi Idul Adha, harga dan stok sembako dijaga agar stabil dan tidak memberatkan masyarakat.

Tak lupa, ia mengajak masyarakat, agar memanfaatkan lahan kosong supaya memberikan manfaat bagi masyarakat sendiri

 “Baik menanam jagung, ataupun cabai dan lainnya. Dalam rangka menjaga ketahanan masyarakat, juga upaya pengendalian inflasi dilakukan Pemkot Prabumulih,” tukasnya.

Terpisah, Kadistan, Alfian SP mengatakan, sebenarnya ada 10 hektar ditanami jagung pakan ternak. Namun, baru siap panen sekitar 2 hektar.

“Hari ini, kita panen raya. Pak Pj Wako Prabumulih bersama Forkompinda secara simbolis melakukan pemanenan. Ini memang program Pemkot Prabumulih dalam menekan inflasi dan juga menjaga ketahanan pangan,” pungkasnya. (rin)

  • Bagikan