Idul Fitri, Muhammadiyah dan Kemenag Bareng. Begini Penjelasannya?

  • Bagikan

Ilustrasi Penentuan Lebaran Idul Fitri. Foto : Net/FAJARSUMSEL.COM

PRABUMULIH, FAJARSUMSEL.COM – Kalau tidak halangan, hari raya Idul Fitri 1445 H akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Meski, Muhammadiyah lebih dahulu berpuasa.

Akan tetapi, perayaan lebaran atau hari raya 1445 H, akan dilaksanakan berbarengan pada tahun ini.

Hal itu dibenarkan Ketua PD Muhammadiyah Prabumulih, Evan Kenedi ketika dibincangi awak media, belum lama ini. “Sesuai instruksi PP Muhammaddiyah didasari perhitungan menggunakan metode hisab, 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024,” ujarnya.

Karena itu, seluruh umat muslim Muhammadiyah di seluruh Indonesia, akan melaksanakan sholat ied pada hari tersebut. Termasul juga, umat muslim Muhammadiyah di Prabumulih. “Kita sholat ied di Halaman SMP Muhammadiyah Prabumulih, seperti biasanya setiap tahun,” terangnya.

Begitu juga disampaikan Kakankemenag Prabumulih, H Hermadi SAg MSi ketika dikonfirmasi awak media. “Kalau tidak ada halangan, Rabu, 10 April 2024, kita akan merayakan lebaran Idul Fitri,” bebernya.

Namun, guna kepastiannya, kata dia, menunggu sidang isbat akan dilakukan Kemenag RI, pada Selasa, 9 April 2024. “Kalau jelasnya, kita masih menunggu hasil sidang isbat Kemenag RI hari ini,” tukasnya.

Pelaksanaan hari raya Idul Fitri, kata dia, akan ditandai sholat ied. Dan, merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat muslim, karena telah menjalankan ibadah puasa hampir 1 bulan. “Mari kita raih kemenangan atas puasa, berlebaran di hari raya Idul Fitri,” tutupnya. (rin)

  • Bagikan