Masa Pencermatan, Sembilan Parpol Pemilu 2024 Ajukan Perubahan DCS

  • Bagikan

PARPOL : Komisioner KPU Prabumulih menerima berkas bacaleg parpol sebelumnya masuk di DCS dalam masa pencermatan di hari terakhir, Selasa. Foto : Ist/FS.COM

PRABUMULIH, FS.COM – Di masa pencermatan mulai 24 September 2023 hingga terakhir 3 Oktober 2023. Informasi dihimpun KPU Prabumulih, 9 parpol peserta Pemilu 2024. 12 diantaranya, tidak mengajukan perubahan bacaleg dimasukan dalam DCS.

Sedangkan, 9 parpol diantaranya mengajukan perubahan bacaleg dalam DCT. Antara lain; Golkar mengajukan perubahan nomor urut, Gerindra ada bacaleg mengundurkan diri, PKB mengusulkan pindah Dapil, Hanura mengajukan penghapusan bacaleg, PKS sama juga mengajukan penghapusan bacaleg, Nasdem mengajukan pergantian bacaleg dan perpindahan Dapil, PKN juga pergantian dan penghapusan bacaleg, PSI penghapusan calon dan terakhir PAN mengajukan perubahan Dapil.

Pantauan awak media, Selasa, 3 Oktober 2023, tepat pukul 21.00 WIB, semua parpol Pemilu 2024 telah menyampaikan pencermatan bacaleg DSC kepada KPU Prabumulih.

Ketua KPU Prabumulih, Marjuansyah SIP melalui Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Titi Marlinda SE MSi membenarkan hal itu. “Semua parpol peserta Pemilu 2024 di Prabumulih, telah menyerahkan DCS bacalegnya. Ada 9 parpol, mengajukan perubahan. Tentunya, berbagai alasan. Perubahan nomor urut, pindah Dapil, penghapusan bacaleg, dan lainnya,” ujar Titi.

Kata Titi, setelah masa pencermatan itu akan dilakukan vermin. Setelah itu, dilakukan verfikasi dan penetapan. “Selain masa pencermatan ini, tidak ada kesempatan lagi parpol melakukan perubahan bacaleg telah masuk DCS. Jika sudah dinyatakan TMS atau tidak memenuhi syarat, makanya bacaleg parpol jumlahnya berkurang. Pengumumam DCT, akan dilakukan 4 Nopember 2023,” tukasnya.

Ketua DPC PAN Prabumulih, Hermali SPd membenarkan, kalau ia mengajukan perubahan Dapil pada bacalegnya telah masuk DCS, sebelum akhirnya ditetapkan DCT.

“Iya, tadi di masa pencermatan ini kita mengajukan perubahan Dapil bagi bacaleg kita telah masuk DCS sebelumnya. Kita paling akhir menyerahkannya, karena ada perbaikan tersebut,” sebutnya. (rin)

  • Bagikan