DKP PALI Sosialisasi dan Edukasi Pangan B2SA Goes to School di 5 sekolah

  • Bagikan

EDUKASI : Plt Kepala DKP PALI, Widia Astuti melakukan Sosialisasi dan Edukasi Pangan B2SA Goes to School, Jumat. Foto : Ist/FAJARSUMSEL.COM

B2SA Goes to School Disketapang PALI, Langkah Preventif Cegah Stunting Sejak Dini

PENDOPO, FAJARSUMSEL.CO – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Penukal Abab Ilir (PALI), Sumatera Selatan, menggelar kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pangan B2SA Goes to School di 5 sekolah. B2SA Goes to School merupakan kegiatan sosialisasi dan edukasi pola konsumsi makanan pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman kepada para pelajar sekolah.

Sosialisasi B2SA telah dilakukan di 5 lokasi sekolah yaitu SD Negeri 5 Penukal Senin 19 Agustus 2024, SD Negeri 2 Tanah Abang dan SD Negeri 20 Talang Ubi yang digelar pada Selasa 20 Agustus 2024, serta SD Negeri 12 Tambak dan SD Negeri 3 Betung pada Rabu 21 Agustus 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP PALI, Widia Astuti, Jumat, 23 Agustus 2024 mengatakan, adapun tujuan dari B2SA Goes to School yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penganekaragaman konsumsi berbasis B2SA dan gerakan sayangi pangan melalui pendekatan promosi, sosialisasi, serta edukasi. Pemenuhan pangan saat ini sangatlah penting dimana sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka untuk menurunkan angka stunting, hal ini merupakan salah satu wujud keseriusan Pemerintah. “Salah satu upaya untuk mensosialisasikan B2SA goes to school adalah menerapkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di kehidupan sehari-hari. Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat memantapkan kemandirian lokal dan pelestarian sumber daya alam. Dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam disekitar seperti jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun, dan lainnya,” ungkapnya.

“Yang selanjutnya diproses dengan pengelolahan menjadi bahan pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi serta mampu meningkatkan kualitas konsumsi, dan juga diharapkan mampu menurunkan angka stunting di masing-masing wilayah,” tandas Widia.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri 2 Tanah Abang, Sumiati menyambut dengan baik program kegiatan B2SA Goes To School, karena dinilai dapat bermanfaat bagi anak-anak. Dimana pada saat ini, mereka membutuhkan gizi yang cukup dan seimbang, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan emosional. Ia berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti saat ini saja, akan tetapi dapat menjadikan program yang berkelanjutan di SD Negeri 2 Tanah Abang.

“Melalui kegiatan ini Peserta didik dapat memahami bagiamana makanan yang beragam, bergizi seimbang dan Aman. Peserta didik mengetahui berbagai macam jenis makanan baik berasal dari hewani maupun nabati sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Peserta didik mengetahui dan memahami susunan makanan yang seimbang dalam 1 piring makanan yaitu 1/3 Makanan Pokok, 1/3 sayuran, 1/6 lauk pauk dan 1/6 buah. Dengan makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman menjadikan anak kuat sehat dan mendukung kecerdasan anak,” jelas Sumiati.

“Selain mendapatkan ilmu, peserta didik juga mendapatkan bingkisan yang berisi Topi, Tumbler, Pin, dan kipas serta tidak ketinggalan mendapatkan makan siang yang bergizi, beragam, seimbang dan aman. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus menerus dilaksanakan, karena menurut kami sangat berdampak positif bagi anak didik kami,” ujarnya. (ris)

  • Bagikan