DPHP Pilkada Serentak Prabumulih 144.272 Pemilih, DPS 144.325 Pemilih, Hasil Pleno KPU

  • Bagikan

PLENO : KPU Prabumulih mengelar rapat pleno DPHP dan penetapan DPS Pilkada Serentak 2024 di Aula Hotel Gran Nikita, Minggu. Foto : Rian/FAJARSUMSEL.COM

PRABUMULIH, FAJARSUMSEL.COM – KPU Prabumulih melakukan pleno DPHP dan penetapan DPS Pilkada Prabumulih di Hotel Gran Nikita, Minggu, 11 Agustus 2024.

Sebagai informasi dari KPU Prabumulih  pleno DPHP Pilkada Serentak Prabumulih 2024 berjumlah 144.272 pemilih, dan DPS sebanyak 144.325 pemilih.

Komisioner KPU Propinsi Sumsel, Nurul Mubarok SE MSi menjelaskan, pada pleno DPHP dan DPS KPU Prabumulih mengajak bersama mencermati data-data telah ada.

“Data ini, perlu kajian dari Bawaslu, pemantau pemilu. Memberikan masukan dan sarannya, sebagai vitamin nantinya,” ucapnya.

Sebutnya, apalagi banyak tantangan, dan data terus bergerak. Tidak mungkin, data ini 100 persen bersih.

“Karena, ada mekanismenya enghapus data orang. Dan, tidak bisa dilakukan secara sembarang. Seperti meninggal dunia, harus disertai akte kematian. Penghapusan data pemilih, merupakan tanggung jawab semuanya. Apalagi, ada penyusutan TPS. Maksimal jumlah pemilih, hanya 500 per-TPS,” kata dia.

Kesbangpol Prabumulih, Ahmad Daswan SSos MM menambahkan, telah mengikuti tahapan dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Pleno DPHP dan penetapan DPS hari ini. Pemkot Prabumulih mengingatkan, parpol agar lebih aktif. Kroscek ke bawah, kalau ada warga belum masuk DPS,” akunya.

Lanjutnya, jangan sampai warga meninggal, masih masuk. Sehingga, menimbulkan ada sanggahan dan harus ditindaklanjuti, sebelum akhirnya ditetapkan DPS hingga DPT.

“Perlu pengawasan, adanya warga 2-3 bulan masuk DPS. Awasi KPU dan Bawaslu Prabumulih bersama Disdukcapil. Sehingga, data pemilih akurat dan tepat serta mendorong Pilkada Serentak berjalan tertib aman dan damai. Pilihan boleh beda, sudah pemilihan siapa menang harus kuat dukung,” tandasnya.

Ketua KPU Prabumulih, Martadinata SST menjelaskan, pelaksanaan pleno DPHP dan DPS merupakan bagian penting, dalam kegiatan melangkah selanjutnya.

“Sangat terbuka soal masukan dan kritik DPS, akan diperlukan di DPSHb dan ditetapkan. Data ini, menjadi akurat dan sempurna. Pondasi, logistik Pilkada Serentak di Prabumulih,” pungkasnya. (rin)

  • Bagikan