Angkat Penemuan Kerangka Manusia Purba Gua Harimau, Aufa Syahrial Sandang PhD

  • Bagikan

Aufa Syahrizal. Foto : Ist/FS.COM

BATURAJA, FS.COM – Putra OKU satu ini berhasil meraih gelar akademik S3 (Doktor) di bidang Ilmu Sejarah dan Kebudayaan.

Dia adalah Aufa Syahrizal SP MSc PhD, Mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Saat ini, ia masih menjabat Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Penelitian meraih gelar Doktor di University Utara Malaysia (UUM) pun cukup spesial. Yakni, mengangkat tentang penemuan kerangka manusia purba di Gua Harimau di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji.

“Saya merasa terpanggil mengangkat dan mempelajari penemuan kerangka manusia purba ada di Gua Harimau. Apalagi penemuannya berada di daerah kelahiran saya dan menjadi sorotan sejarawan dunia internasional,” ujar Aufa.

Aufa berharap, penelitiannya ini bisa menambah hazanah ilmu pengetahuan terkhusus mengenai sejarah perkembangan peradaban manusia di Indonesia.

Dibalik kesuksesannya meraih gelar Doktor, kata Aufa, berbagai rintangan dan kendala dihadapinya. Kurun waktu tiga tahun dia menempuh pendidikan di UUM, dia harus bolak balik ke negeri jiran, Malaysia.

Gelar PhD (Philosopy Doctor) di Bidang Tourism, Hospitality and Event Management akhirnya berhasil diraih

“Desertasi saya mengenai Community Participant of Harimau Cave Development as Archaelogical Tourism Destination. (Partisipasi masyarakat dalam pembangunan Gua Harimau sebagai daerah tujuan wisata arkeologi),” tambah Aufa.

Kemudian, penelitian S2 (Thesis), lanjut Aufa judulnya Motivation of Indonesian Tourists Come to Malaysia.

“Lokusnya di seluruh semenanjung Malaysia,” pungkas Aufa S2-nya juga di UUM. (rin/ril)

  • Bagikan