Lirik Nanas Prabumulih, Ini Dilakukan LPNM

  • Bagikan

NANAS : Pengerusi LPNM, Sheikh Umar Bin Baghari Ali bersama tim belajar budidaya nanas Prabumulih dan pemanfaatannya, Rabu. Foto : Ist/FS.COM

PRABUMULIH, FS.COM – Lembaga Perindustrian Nanas Malaysia atau LPNM jauh-jauh ke Prabumulih, salah satu kota di Sumsel penghasil nanas terbanyak.

Dipimpin Pengerusi LPNM, Sheik Umar Bin Baghari Ali belajar budidaya nanas dan pemanfaatnya di Kota Nanas ini, Rabu, 6 September 2023.

“Terima kasih atas sambutannya begitu gemilang di Prabumulih ini, saya datang ke sini sama rombongan. Semuanya, ada 15 orang,” sebut Sheik Umar, sapaan akrabnya.

Ucapnya, sengaja ke Prabumulih melihat industri nanas. Mengapa datang ke Prabumulih, Indonesia adalah produsen kedua terbesar nanas. “ Di Sumatera, ada Lampung dan Sumsel. Prabumulih, salah satu sentra produksi nanas. Kita ingin belajar budidaya nanas dan pemanfaatannya,” akuunya.

Lanjutnya, membuka peluang kerja sama saling menguntungkan antara Indonesia dan Malaysia soal industri nanas ini. “Termasuk, juga bersama Prabumulih salah satu kota penghasil nanas di Sumsel, Indonesia,” tandasnya.

Wako Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM tidak menampik, Prabumulih satu penghasil nanas terbaik di Indonesia.

“Awalnya, hanya buahnya saja diambil. Tetapi, ada kadarluarsanya belakangan kita berpikir memanfaatkan kulit nanas sebagai pewarna kain. Alhamdulillah, sudah berjalan,” sebut Ridho.

Selanjutnya, kata dia, nanas Prabumulih tingkat kemanisannya paling tinggi. Lalu, dimamfaatkan serat daun nanas. “Sudah kita kirim ke Singapura ke PT Nextevo Singapura. Serat nanas kita, guna bahan baku pakaian penghangat di Eropa,” pungkasnya. (rin)

  • Bagikan