Bhabin Gunung Ibul Polsek Prabumulih Patroli Karhutla ke Hutan

  • Bagikan

PATROLI : Bhabin Gunung Ibul, Bripka Asal SH melakukan patroli Karhutla, Sabtu. Foto : Ist/FS.COM

PRABUMULIH, FS.COM – Setelah mendeklarasikan komitmen mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), langkah strategis diambil Polres Prabumulih menggiatkan patrol kepada bhabinkamtibmas di wilayahnya masing-masing.

Patroli tersebut dilakukan seperti halnya Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Ibul di wilayah Polsek Prabumulih Timur, Bripka Asal SH, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Sembari melakukan patroli, juga menjelajahi lahan-lahan terbentang luas di kawasan tersebut melakukan pemantauan potensi munculnya titik api, serta memetakan kawasan rawan terjadi Karhutla.

“Belum ditemukan adanya titik api, namun kerawanan masih terlihat dari kondisi tanah dan rawa mengering, tentunya akan mudah terbakar apabila tersulut api dan akan merambat pada lahan di sekitarnya,” ungkap Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Herry Sulistyo bersama Bripka Asal.

Setelah itu, mereka pun bergerak menyampaikan imbauan kepada masyarakat sekitar menggunakan maklumat Kapolda Sumsel, agar tidak melakukan pembersihan lahan lewat cara tidak dibakar.

“Kami mengimbau agar saudara sekalian tidak melakukan pembakaran lahan, demi mencegah terjadinya karhutla dan bencana kabut asap di Sumsel khususnya Prabumulih,” imbaunya.

Lanjutnya, jika itu dilakukan pelaku Karhutla bisa dikenakan pidana penjara. “Lantaran, hal itu melanggar hukum. Jangan sampai masuk penjara, gara-gara Karhutla,” bebernya. (rin)

  • Bagikan