Soal Dugaan Keracunan Makanan, Dinkes Prabumulih Turunkan Tim Investigasi

  • Bagikan

Ilustrasi Keracunan Makanan. Foto : Ist/FS.COM

PRABUMULIH, FS.COM – Mendapatkan informasi adanya keracunan makanan ketika penyelenggaraan kegiatan di salah satu hotel di Kota Nanas ini, dilaksanakan salah satu instansi vertikal pada Rabu, 24 Mei 2023.

Menyebabkan, 11 orang mengalami mual-mual dan 9 diantaranya terpaksa berobat mandiri. Dan, 2 orang masuk rumah sakit dan dirawat. Dinkes Prabumulih, dihimpun awak media telah menurunkan tim dalam rangka investigasi penyebab dugaan keracunan makanan tersebut

Kadinkes Prabumulih, dr Hj Hesti Widyaningsih MARS MM melalui Kabid Kesmas, Djoko Listyano SKM MSi dikonfirmasi, Sabtu, 27 Mei 2023 membenarkan hal itu.

“Iya, 2 korban dugaan keracunan dirawat di RS Fadihillah telah kita kunjungi. Kita mintai keterangan kronologis dugaan keracunan. Informaasi didapat, memang ada 11 orang terkena keracunan. 9 orang rawat jalan dan berobat mandiri,” kata Djoko.

Selain itu, kata dia, timnya telah mendatangi hotel, khususnya tempat pengolahan makanan diduga sebagai penyebab keracunan. “Sementara ini, dugaan kita penyebabnya. Adanya kesalahan pengolahan makanan, dan mungkin disebabkan terkontaminasi bakteri e-coli,” bebernya.

Diakunya, penyebab keracunan makanan, ada dua. Yaitu, secara fisik dan kimia. Dan, guna memastikannya memang perlu pendalamam dan uji sampel di laboratorium.

“Kita juga telah datang ke hotel tersebut, tetapi belum bertemu Manager Hotel guna dimintai keterangam soal dugaan keracunan makanan tersebut,” bebernya.

Tak sampai disitu, akunya tim investigasi akan terus berupaya menemui pengelolah hotel. Dan, memberikan imbauan agar pengelolaan makanan dan juga kebersihannya terjaga. “Sehingga, tidak terulang kejadian serupa. Kalau salah pengolaham makanan dan tercemar bakteri e-coli, bisa menyebabkan keracunan makanan seperti ini,” wantinya. (rin)

  • Bagikan