Palembang Jadi Tuan Rumah Peparpenas, NPCI Sumsel Siap Sukseskan

  • Bagikan

RAPAT : NPCI Sumsel mengelar rapat kesiapan dalam rangka mensukseskan Peparpenas di Palembang, Sabtu. Foto : Ist/FS.COM

PALEMBANG, FS.COM – Tahun ini, Palembang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Paralimpic Pelajar Nasional (PEPARPENAS) pada 29 Juli 2023 sampai 04 Agustus 2023.

Dimana National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Sumsel ditunjuk sebagai panitia penyelenggaraan kegiatan tersebut. NPCI adalah Organisasi pembina atlet penyandang disabilitas di Indonesia, Sabtu, 27 Mei 2023.

NPCI sebagai/wadah bertanggung jawab sepenuhnya menghimpun, membina , melatih dan membentuk atlet olahraga disabilitas berkualitas dan bertaraf Intemasional serta mengkoordinasikan setiap kegiatan olahraga disabilitas baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

“Kegiatan Peparpenas 2023 akan diikuti peserta dari 34 Provinsi di Indonesia masing – masing provinsi akan mengirimkan atlet dan official sebanyak 28 orang perkiraan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 952 orang,” ujar Ketua Umum NPCI Sumsel, Rian Yowari, akhir minggu ini.

Beber Rian, adapun cabor akan dipertandingkan ada 6 Cabor, diantaranya bulutangkis, renang, catur, tenis meja, bociah dan atletik. kegiatan tersebut akan dibukan langsung Presiden RI akan digelar di Gedung PSCC Palembang.

“Fungsi NPCI Indonesia dalam bidang pengembangan olahraga antara lain, menggalang dan menjalin persatuan dan kesatuan antar insan olahraga penyandang disabilitas di Indonesia dan internasional, meningkatkan prestasi olahraga difabel di Indonesia, memberi perlindungan kepada anggota dan atlet penyandang disabilitas, Pembinaan kesejahteraan, keadilan dan atau kehormatan olahraga difabel,” ucapnya.

Rian sendiri, sudah dua periode menjabat Ketua Umum NPCI Sumsel juga merupakan salah satu atlet juara tingkat internasional diantaranya atlet peraih medali emas ASEAN Para Games VI 2011 di Jepang serta peraih medali perak dalam ajang Badminton World Championship 2013 di China dan pernah menjadi pelatih Cabor Bulutangkis di Provinsi Sumsel.

Ia mengajak agar seluruh masyarakat Sumsel mendukung kegiatan tersebut dan ikut mensukseskannya, karena ini merupakan upaya memberikan kontribusi aktif terhadap kelompok penyendang cacat fisik memiliki kemampuan dan prestasi di bidang olahraga.

Pada 7 Mei 2023 lalu, kata dia, NPCI Sumsel telah mengadakan rapat terkait kesiapan penyelenggara dalam even nasional tersebut. Ungkapnya, sesuai arahan Kemenpora, NPCI Sumsel menggelar pertemuan bersama Pengprov Cabor, apa menjadi keperluan pertandingan di tiap-tiap cabor di Peparpenas nanti.

“Adanya pertemuan ini ke depan akan lebih mudah pada saat rapat bersama Kemenpora dan Dispora Sumsel karena sudah ada gambaran diperlukan,” tukasnya.

Rian berharap, setelah ini Pengprov Cabor mulai merekap apa dibutuhkan pada saat pertandingan. Sehingga, jika jauh-jauh hari maka peralatan yang sulit dicari bisa segera dipesan, tetapi tetap sesuai arahan dari Kemenpora karena terkait anggaran. “Begitu juga tentang SDM panitia, seperti wasit, juri, panitia pendukung dan lainnya,” pungkasnya. (rin/ril)

  • Bagikan