Polres Prabumulih, Ajak Media Tangkal Berita Bohong

  • Bagikan

PODCAST : Polres Prabumulih mengundang Ketua PWI, Mulwadi dan Ketua SMSI, Abdullah Donny dalam rangka podcast, Kamis. Foto : Ist/FS.COM

PRABUMULIH, FS.COM – Memberikan edukasi dan sosialisasi terkait peran media, Polres Prabumulih menggelar podcast bersama Ketua PWI, Mulwadi dan Ketua SMSI, Abdullah Donny, Kamis, 4 Mei 2023.

Selain itu, dalam podcast kali ini juga dibahas tentang maraknya berita bohong (hoax) beredar media sosial (medsos).

Dikatakan Mulwadi, sebagai ujung tombak dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, media diharapkan dapat menangkal hoax melaksanakan tugasnya profesional sesuai kode etik jurnalistik.

Menurutnya, hoax bukanlah produk jurnalistik namun seringkali dikaitkan pemberitaan.

“Media harus bisa menangkalnya dan memberikan informasi benar kepada masyarakat, tentu dengan menjalankan kode etik jurnalistik. Satu saja media melakukan tindakan tidak benar, bisa mencoreng nama media secara keseluruhan,” jelasnya.

Tak lupa ia mengapresiasi program podcast Polres Prabumulih menjadi salah satu agenda dalam memperkuat kemitraan dan sinergitas khususnya bersama media demi mewujudkan pers sehat Kota Prabumulih.

“Kami selaku pengurus PWI berterima kasih kepada Pak Kapolres sudah memberikan kesempatan bisa silaturahmi dan menyampaikan edukasi kepada masyarakat melalui podcast ini. Kita siap mendukung penuh peran Polri dalam menjaga Kamtibmas khususnya di Kota Prabumulih,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua SMSI, Abdullah Donny menambahkan, tantangan pers kedepan semakin besar karena adanya industrialisasi media secara global.

“Diharapkan media bisa menjadi filter didalam pesatnya informasi di medsos. Selain itu, jangan pernah berhenti mempertebal kapabilitas awak media termasuk memperdalam ilmu jurnalistik, sebab akan menjadi bekal kedepan ditengah persaingan media sekarang,” tutupnya. (rin/ril)

  • Bagikan