32 Rumah Rusak Tersapu Angin Puting Beliung

  • Bagikan

RUSAK : Rumah warga di Desa Karang Bindu, Kecamatan RKT rusak tersapu angin puting beliung, Sabtu. Foto : Ist/FSS.COM

//Satu Desa, Dua Kelurahan

PRABUMULIH, FS.COM – Hujan deras disertai angin deras, Sabtu, 7 Januari 2023, sekitar pukul 17.00 WIB melanda Kota Nanas ini. Belakangan, sebanyak 32 rumah di satu desa dan dua kelurahan tersapu angin puting beliung mendadak terjadi.

Informasi dihimpun awak media, sebanyak 28 rumah warga rusak karena tersapu angin puting beliung di Desa Karang Bindu, Kecamatan RKT. Lalu, 2 rumah warga rusak di Kelurahan Tanjung Rambang. Terakhir, dia rumah warga rusak di Kelurahan Payuputat.

Camat RKT, Satria Karsa SE MSi dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Kata dia, sebanyak 4-5 rumah mengalami rusak berat di Desa Karang Bindu. Dan, sisanya sedang dan ringan. “Awalnya, kita dapat laporan hanya belasan rumah saja. Belakangan, ada satu kelurahan dan satu desa, dampak angin puting beliung Sabtu sore,” ujar Satria, sapaan akrabnya, Minggu, 8 Januari 2023 kepada awak media.

Kejadian itu sendiri, kata dia, telah dilaporkan kepada Dinsos Prabumulih dan BPBD. Minggu pagi, Sekda, Elman ST MM telah meninjau kondisi masyarakat terkena angin puting beliung. “Cuaca ekstrim ini, kita imbau masyarakat waspada dan hati-hati. Memang kejadian di wilayah RKT, telah berapa kali terjadi angin puting beliung,” tukasnya.

Demikian pula, dikatakan Kalaksa BPBD Prabumulih, Sriyono SH dikonfirmasi terpisah kalau telah menerjemahkan jajarannya membantu masyarakat terkena musibah bencana alam, angin puting beliung tersebut.

“Iya benar kejadiannya, informasi awal kita terima hanya belasan rumah saja kena angin puting beliung. Belakangan, mencapai puluhan. 30 rumah rusak di Kecamatan RKT, dan 2 rumah di Kelurahan Payuputat,” bebernya.

Diakuinya, pada awal Januari 2023 ini memang cuaca cukup ekstrim. Makanya, diimbau masyarakat senantiasa waspada. “Khusus, bencana banjir, longsor, angin puting beliung, dan lainnya,” pungkasnya. (rin)

  • Bagikan