Cegah Banjir, Gotong Royong Bersihkan Sungai

  • Bagikan

GOTONG ROYONG  : Petugas BPBD bersama warga Desa Pangkul membersihkan sampah di bawah jembatan di Sungai Kelekar wilayahnya, Selasa. Foto : BPBD Prabumulih/FS.CO

PRABUMULIH, FS.CO –  Menghadapi bencana alam banjir, bisa datang tiba-tiba karena air Sungai Kelekar meluap.

Petugas BPBD Prabumulih bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa, dan masyarakat melakukan gotong royong di bawah jembatan di aliran Sungai Kelekar dipenuhi sampah di Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Selasa, 27 September 2022.

Kalaksa BPBD Prabumulih Sriyono SH melalui Kasi Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, R Tauhid SE dikonfirmasi pelaksanaan gotong royong ini dalam rangka pembersih aliran Sungai Kelekar di Desa Pangkul.

“Dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, bisa datang sewaktu-waktu akibat sungai meluap karena aliran sungai tidak lancar karena sampah,” ujar Tauhid, Rabu, 27 September 2022.

Lewat kegiatan tersebut, kata dia, sungai relatif bersih dan alirannya lancar serta tidak terhambat sampah.  

“Kita imbau setelah di bersihkan tidak ada lagi masyarakat membuang sampah sembarangan demi terciptanya lingkungan bersih dan aman dari banjir,” terangnya.

Terpisah, Kades Pangkul, Zakaria Yadi SH berterima kasih atas inisiatif BPBD memberikan sungai melintasi Desa Pangkul. Agar bersih dari sampah, dan juga alirannya lancar hingga terhindar dari banjir.

“Kita imbau, mencegah banjir terjadi. Warga jangan lagi buang sampah ke sungai,” pesan Jaka. (rin)

  • Bagikan