Realisasi MKJP, Peringatan Harganas Capai 188 Akseptor

  • Bagikan

MKJP : DPPKBPPPA memberikan layanan KB berupa MKJP di sejumlah Puskesmas dan BPS dal rangka Harganas, Rabu. Foto : Rian/FS.CO

PRABUMULIH – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 telah melaksanakan layanan Keluarga Berencana (KB) berupa Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Berupa, Implan dan IUD.

Pelayanan dilakukan di 9 Puskemas dan juga 2 Bidan Praktek Swasta (BPS), target hanya 100 akseptor terealisasi hingga 188 akseptor. Itu artinya, pelayanan KB MJKP telah overtarget selama 5 hari pelayanan. Mulai dari 10 Juni hingga 15 Juni. Terdiri dari IUD 29 akseptor, dan Implan 159 akseptor.

Hal itu dibenarkan Kepala DPPKBPPPA, Eti Agustina SKM MSi dikonfirmasi awak media, Rabu (15/6/2022).

“Berkat antusias masyarakat, sebagai akseptor pada pelayanan KB dalam rangka Harganas ke-29. Meski, hanya lima hari saja dari target 100 akseptor tercapai 188 akseptor,” terang Eti, sapaan akrabnya, kemarin.

Sambung perempuan cantik berjilbab ini, kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah agar masyarakat ikut ber-KB. “Menjaga jarak antar kelahiran, menekan angka pertumbuhan penduduk dalam rangka pengendalian. Juga, mendorong keluarga lebih sejahtera,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga bersinergi bersama Tim Pengerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Bahkan, Ketua TP PKK Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan Wakilnya, Hj Reni Indahyani SKM MSi memantau langsung pelaksanaan layanan KB MJKP ini.

“Kita berterima kasih atas dukungan TP PKK, menyukseskan layanan KB berupa MKJP dalam rangka Harganas ke-29,” tutupnya. (rin)

  • Bagikan